news

Home for a Home: Farpoint Membangun Rumah, Membangun Harapan

Pada hari ini manajemen dari PT Farpoint Prima (Farpoint), developer dari apartemen eksklusif VERDE East, bersama-sama dengan perwakilan dari customer dan juga rekan media melakukan kunjungan ke lokasi program Home for a Home. Tepatnya di Kabupaten Mauk, Desa Margamulya, Tangerang. Sekitar 20 km dari bandara Soekarno-Hatta.

Home for a Home: Satu untuk Satu
Program Home for a Home lahir dari inisiatif dan visi Farpoint sebagai perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial untuk membantu peningkatan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan dengan membangun tempat tinggal yang nyaman, aman dan sehat untuk masyarakat yang kurang beruntung. Untuk itu, Farpoint berkolaborasi bersama dengan Habitat for Humanity Indonesia untuk mewujudkan terlaksananya program ini. 

Filosofis dari program Home for a Home adalah: ‘Setiap 1 unit terjual, maka akan mulai terbangun satu rumah sederhana’. Dalam pengaplikasiannya, setiap pembelian unit eksklusif di VERDE East, Farpoint akan menyumbangkan sejumlah donasi yang diberikan atas nama pembeli ke Habitat for Humanity Indonesia yang digunakan untuk membangun rumah sehat sederhana di Desa Margamulya, Tangerang. Dari Juni 2012 hingga sekarang, telah terbangun sekitar 16 rumah dari 114 rumah yang direncanakan akan dibangun lewat program ini.

Membangun Rumah, Membangun Harapan
Rumah bukan hanya memiliki fungsi sebagai tempat untuk berteduh di saat hujan ataupun berlindung dari teriknya sinar matahari. Tapi rumah adalah tempat dimana sebuah keluarga dapat berkumpul dan berbagi cerita, mimpi dan harapan. Rumah adalah tempat sebuah keluarga berbagi kasih dan kebahagiaan. Dengan kata lain, membangun rumah untuk sebuah keluarga sama dengan membangun harapan bagi keluarga tersebut untuk mendapatkan kualitas hidup dan kualitas hubungan yang lebih baik.

Hal ini terbukti dari cerita salah satu penerima manfaat (home partner) dari program ini, yaitu keluarga Bapak Suryana (41 tahun). Bapak Suryana bekerja sebagai buruh ternak dengan penghasilan sangat pas-pasan. Rumahnya berdinding bambu tanpa ventilasi, tanpa jendela, dan tanpa fasilitas MCK. Listrik pun disalurkan dari rumah tetangga. Sebagai seorang bapak dari 3 orang anak usia sekolah, yaitu 7, 10 dan 16 tahun, bapak Suryana bermimpi untuk memberikan tempat tinggal yang layak buat anak-anaknya tumbuh dan berkembang. Berkat program Home for a Home, impiannya menjadi kenyataan.

“Saya tidak pernah menyangka akan dapat memberikan tempat tinggal yang pantas disebut rumah oleh anak-anak saya. Saya sangat berterima kasih kepada segala pihak yang telah mewujudkan impian keluarga saya. Sekarang anak-anak saya dapat hidup aman dan nyaman di rumah baru mereka”, tutur bapak 3 anak ini.

Seperti yang dikatakan Ms. Hellen Triutomo: “Kami harap program Home for a Home tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada masyarakat penerima manfaat atau home partner, tetapi juga memberikan emotional benefit kepada para customer kami. Para customer tidak hanya menikmati unit yang nyaman di jantung Kuningan, tetapi disaat yang, dengan kontribusi mereka, ada keluarga diluar sana yang juga merasakan kenyamanan memiliki tempat tinggal yang layak”.

“Harapan ke depan adalah program ini dapat terus berkelanjutan, seiring keinginan kita untuk terus membangun”, tutup Ms. Hellen Triutomo.

Sekilas Mengenai PT Farpoint Prima dan VERDE
PT Farpoint Prima (Farpoint) adalah perusahaan pengembang yang menginduk kepada PT Gunung Sewu Kencana Grup. Diusianya yang masih sangat muda, Farpoint sukses meluncurkan hunian eksklusif VERDE yang berlokasi di tengah jantung Kuningan, Jakarta.

Hunian apartemen eksklusif berkonsep hijau tropis, VERDE, adalah hasil kolaborasi dari 3 designer dunia ternama, yaitu Yabu-Pushelberg, NY (Interior), Belt Collins, USA (lansekap), dan RTKL, USA (arsitektur). Dan sebagai komitmen dari konsep hijau tropis tersebut, maka 1,3 hektar dari lahan di dedikasikan hanya untuk tanaman.

Tunggu hasil karya Farpoint selanjutnya di tahun-tahun yang akan datang!

Sekilas Mengenai Habitat for Humanity Indonesia
Habitat for Humanity Indonesia adalah afiliasi dari Habitat fo Humanity International, yang telah menjangkau lebih dari 500.000 keluarga di seluruh dunia, untuk memiliki rumah layak huni, sehat, aman dan terjangkau. Hingga tahun 2018, Habitat for Humanity Indonedia melalui program khusus “Bangun Indonesia” menargetkan untuk menjangkau 125.000 keluarga.